BMKG Perkirakan Cuaca Ekstrem di Sula dan Taliabu Sepekan ke Depan

SANANA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Emalamo Sanana mengeluarkan prakiraan cuaca ekstrem di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dan Kabupaten Pulau Taliabu, sepekan ke depan.

BMKG memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas sedang, hingga lebat di Kepulauan Sula dan Kepulauan Pulau Taliabu selama sepekan ke depan. Peringatan ini menjadi perhatian di dua daerah tersebut.

Prakiraan Stasiun Meteorolongi Emalamo BMKG Kepulauan Sula Maulydia Andis Andini mengatakan, berdasarkan kondisi anomali Sea Surface Teparature (SST) pada dasarian I dan II Januari 2023 menunjukkan kondisi la nina lemah di wilayah nino 3.4 pasifik tengah dan timur.

“Anomali SST indonesia di perairan indonesia bagian utara menunjukkan anomali positif (hangat), sedangkan perairan selatan indonesia menunjukkan kondisi anomali negatif (dingin),” terangnya.

Lanjut Maulydia, angin graiden di wilayah indonesia khususnya di utara ekuator umumnya tertiup dari timur laut dengan kecepatan 5-20 knot. Sementara, wilayah selatan indonesia dari barat dengan kecepatan 10-35 knot. Kecamatan, angin tertinggi terpantau di laut jawa, laut flores dan laut banda hingga laut arafuru.

“Terdapat pola belokan angin (Shearline) dan konvergensi yang cukup signifikan di sekitar maluku utara dan maluku,” kata Maulydia.

Maulydia menambahkan, wilayah kepulauan sula dan pulau taliabu diperkirakan curah hujannya berada di kriteria menengah 50-100 mm/dasarian. Oleh karena itu, perlu diwaspadai adanya potensi angin kencang hingga gelombang tinggi 1.25-250 meter baik di utara maupun selatan kepulauan sula.

“Peningkatan curah hujan seiring dengan awal musim hujan disertai peningkatan pertumbuhan awan konvektif berpotensi menjadi pemicu terjadinya bencana hidro meteorologis seperti banjir dan tanah longsor,” kata Maulydia, Kamis (2/2/2023).

Maulydia meminta, para pengguna jasa transportasi laut agar lebih waspada terhadap peningkatan gelombang laut pada jalur pelayaran dari luar daerah menuju sula maupun dari sula menuju daerah lain. (att/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teras Berita