oleh

Buka Musrenbang Kabupaten, Ini Harapan Bupati Haltim Ubaid Yakub

HALTIM – Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Drs. Ubaid Yakub berharap kepada seluruh pimpinan OPD dan Camat dalam pengusulan program pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) disesuaikan dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Haltim. Hal itu disampaikan Bupati Ubaid saat membuka Musrenbang Kabupaten di Aula Kantor Bupati Haltim, Jum’at (9/4/2021).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang merupakan rangkaian proses perencanaan pembangunan yang bersifat partisipatif, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kemudian tingkat kabupaten seperti kita laksanakan hari ini dan selanjutnya dilaksanakan tingkat provinsi dan sampai tingkat nasional.

Menurutnya, Musrenbang merupakan agenda tahunan dalam menyusun program dan kegiatan pemerintah daerah, sebagai bahan untuk menyusun kebijakan umum anggaran dan prioritas pagu anggaran sementara serta rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Haltim, untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang.

“Ini semua dalam rangka atau sebagai upaya pencapaian visi dan misi kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur periode 2021-2024, sebagaimana misi besar kami yaitu Halmahera Timur yang maju dan sejahtera,” ujarnya. Untuk itu, Bupati berharap kepada semua SKPD di lingkup Pemda Haltim agar dalam menyusun program kegiatan dan sub kegiatan, harus disesuaikan dengan visi dan misi yang telah tetapkan.

Musrenbang pada tahun ini, kata Bupati mengambil tema ‘Pemulihan ekonomi dan pemerataan pembangunan SDM, Infrastruktur Wilayah Serta Tata kelola Pemerintahan’. Hal ini mengandung makna bahwa kita diperhadapkan dengan berbagai permasalahan pembangunan khususnya dalam hal pemulihan ekonomi terkait dengan pandemi covid-19.

Selain itu, ada isu strategi lain diantaranya, kebutuhan pelayanan pendidikan dan kesehatan, kebutuhan infrastruktur wilayah, tata kelola pemerintahan daerah juga tentang defisit anggaran ini juga harus menjadi konsen kita juga. “Untuk itu, saya meminta dan berharap kepada kita sekalian. Kepada semua stekholder perlu mengoptimalkan sumber-sumber pendanaan pembangunan melalui jalinan kerjasama yang sinergi serta terus melakukan koordinasi yang lebih intensif,” pinta Bupati.

“Kepada SKPD, kita harus lebih intensif melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat dalam hal bagaimana kita bisa menyerap anggaran melalui APBD provinsi dan APBN untuk membantu mendanai pembangunan di kabupaten Haltim,” ujarnya. Bupati juga berharap kepada pimpinan dan anggota DPRD Haltim untuk bersama-sama kami (pemerintah daerah) untuk bisa fokus pada program kegiatan dan sub kegiatan yang menjadi prioritas daerah.

Berbagai program kegiatan dan sub kegiatan yang akan di bahas pada Musrenbang sebentar saya berharap kepada seluruh SKPD dan delegasi dari kecamatan agar lebih bisa diprioritaskan pada isu-isu yang lebih strategis. Dalam konteks ini maka kepada seluruh Pimpinan SKPD dan delegasi dari Kecamatan, saya berharap perlu adanya responsibilitas dan tanggap terhadap segala program prioritas yang dibutuhkan daerah ini.

“Hal-hal yang nanti dirumuskan itu ukurannya harus jelas. Artinya kita mampu kita ukur output dan outcomenya sehingga tidak sekedar kita rumuskan program kegiatan dan sub kegiatan dalam forum RKPD. Yang paling penting adalah benar-benar kita menjalin kerjasama yang baik dengan semua pihak serta meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan,” pungkas Bupati.

Ikut hadir dalam kegiatan Musrenbang itu adalah Wakil Ketua II DPRD Haltim Idrus E Maneke, Kapolres Haltim AKBP Edy Sugiharto, Kejari Haltim Andi Notobuan, Pj Sekda Dheni Tjan, Pimpinan PT Antam Tbk dan Pabung Kodim Persiapan Haltim serta para Pimpinan OPD lingkup Pemkab Haltim serta para Camat se Haltim. (Dni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teras Berita