Desa yang Gagal di Pilkades Serentak, bakal Digelar Lanjutan di Bulan Oktober

SANANA – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), berencana menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) lanjutan pada bulan Oktober.

Pilkades lanjutan ini dikhususkan di beberapa desa yang gagal dalam Pilkades serentak belum lama ini. Desa-desa yang menggelar Pilkades lanjutan yaitu, Desa Fatiba, Desa Mangoli dan Desa Waisakai.

“Pelaksanaan pilkades di tiga Desa itu apabila, pengesahan anggaran pilkades disahkan dan tidak ada perbuahan lagi, mungkin paling lambat digelar di bulan Oktober 2021, karena ini Bupati sudah perintahkan,” kata Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Sula, Muhlis Soamole, saat ditemui Habartimur.com, Jumat (6/8/2021).

Muhlis menuturkan, anggaran Pilkades di tiga Desa sudah dimasukkan dalam APBD-Perbuahan 2021. Apabila kata Muhlis, tidak ada perubahan maka Pilkades di tiga Desa digelar pada bulan Oktober. Sebab, pihaknya telah mendapat perintah dari Bupati Fifian Adeningsi Mus (FAM), untuk segera melaksanakan Pilkades di tiga Desa tersebut.

“Harus ada kepala desa definitif agar bisa mengelola anggaran dengan baik, karena pemerintahan desa harus berjalan efektif, terkait dengan pengelolaan anggaran desa,” terangnya.

Tambah Muhlis, untuk total anggaran rinciannya lebih jelas diketahui oleh Bagian Pemerintahan. “Anggaran pilkades nanti ke pemerintahan saja, tetapi secara teknisnya sudah ada perintah dari Bupati,” tutup Muhlis. (att)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teras Berita