Kejelasan Status Warga SP1, SP2, SP4 jadi Desa, Bahmit: PMD Haltim Segera Gelar Pertemuan dengan Warga Trans

HALTIM – Pernyataan Kepala Dinas PMD Halmahera Timur (Haltim), Badalan Uat akan meningkatkan status UPT-Trans SP1, SP2 dan SP4 di Kecamatan Maba Utara menjadi dusun pada Desa-desa Induk berdekatan belum lama ini mendapat dukungan dari anggota DPRD Haltim, Bahmit Djafar.

Bahmit meminta agar PMD Haltim segera melakukan pertemuan dengan warga trans Maba Utara bersama dengan desa-desa induk di sekitarnya. Ini karena sudah bertahun-tahun warga UPT-Trans ini menanti status wilayah mereka ditingkatkan dari satuan pemukiman (SP) menjadi Desa, pasca dilimpahkan tanggungjawab oleh Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah.
“Karena sudah menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Karena itu, saya mendesak PMD agar secepatnya meningkatkan status SP menjadi Desa,” desak Bahmit kepada habartimur.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (11/3/2021).

Politisi muda Fraksi Partai Hanura Dapil I Maba Utara itu meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik Gubernur Malut 26 Februari lalu untuk seriusi dan segera membentuk Tim teknis untuk melakukan kajian di wilayah trans SP1, SP2 dan SP4. Sebab ini juga merupakan langkah strategis dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, khususnya di Kecamatan Maba Utara. “Saya meminta agar peningkatan status SP menjadi Desa ini masuk dalam program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Haltim,” pinta Bahmit.

Ditambahkannya, ada potensi pertumbuhan ekonomi lokal, jika status UPT-Trans ini ditingkatkan menjadi Desa.“Biar warga di tiga SP ini bisa mandiri. Mereka dapat mengelola hasil tani dengan baik dan proses pembangunan infrastruktur juga bisa tersentuh,” paparnya. Dia berharap, dalam proses Pemilihan Kepala Desa serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini, tiga SP tersebut sudah bisa diikutsertakan. (Dni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Teras Berita